cara membuat website dengan mudah dan murah

halaman home page kampoengit.com

website adalah sebuat tempat dimana beberapa halaman di simpan, dan di dalam halaman tersebut terdapat banyak berbagai jenis konten . konten adalah isi dari website tersebut. website seddiri kini semakin banyak di gunakan orang maupun instansi dalam segala hal, baik promosi , berjualan dan lain lain. untuk lebih dalam tentang berbagai jenis website, silahkan baca jenis jenis website.

banyak yang mengira, pembuatan website memerlukan banyak uang dan rumit. bahkan mungkin ada yang beranggapan pembuatan website harus bisa pemograman dan harus bisa bahasa tertentu,namun kenyataanya tidak. pembuatan website sangatlah murah (bahkan ada yang gratis) dan tidak harus bisa pemograman.karna tersedianya cms untuk website yang akan kita buat. apa itu cms ? cms adalah (content management system) software yang memungkinkan kita dapat mengelola (mengedit , menghapus dan menambah) konten dari website kita.

cms yang mungkin paling populer ialah :

  1. wordpress
  2. drupal
  3. moodle
  4. joomla
  5. v-buletin
  6. openchart

dalam pembuatan website kita perlu penyimpanan untuk tempat file/media yang ada di dalam website kita.penyimpanan itu biasanya di sebut hosting . harga hosting pun tergantung besarnya penyimpanan dan kecepatannya.di indonesiapun banyak layanan hosting yang bisa kalian pakai, biasanya layanan hosting juga sekalian meyediakan layanan domain. apa itu domain? domain adalah sebuah nama unik sebagai alamat server kita / website kita. contoh domain adalah kampoengit.com , detikk.com dan lain lain.

jadi pada dasarnya, dalam pembuatan website ini, kita hanya perlu

  1. domain
  2. hosting
  3. menentukan CMS nya

jika kita sudah memiliki 3 hal tersebut, kita sudah siap membuat website. namun disini kita membahas dulu bagaimana kita bisa mempunyai 3 hal yang kita perlukan itu.

1.Domain , seperti yang sudah di jelaskan di atas, domain merupakan kata unik. jadi tidak mungkin ada domain yang sama, domain sendiri ada beberapa jenisnya , yaitu domain TLD ,ccTLD,GTLD,SLD,subdomain. untuk lebih rinci tentang jenis domain, silahkan baca jenis jenis dan penggunaan domain. kali ini kita membahas jenis domain TLD saja, domain TLD adalah domain yang paling populer dan sudah banyak di gunakan oleh banyak orang maupun perusahaan, contoh domain ini .COM .ORG .NET dan .INFO. bagaimana kita mendapat sebuah nama domain ? caranya kita harus mengecek nama yang akan kita pakai apakah sudah ada yang memakai atau belum, caranya cek aja di situs-situs pengecekan nama domain. dan tentukan jenis domaina, contohnya “namadomain.com” atau “namadomain.net”, contoh di website ini nama domainya adalah kampoengit.com .

contoh pencarian nama domain di website idwebhost.com/cek-domain

2. hosting , pembelian hosting sesuaikan dengan kebutuhan website kita, ketika website kita nantinya akan banyak media yang kita masukan, maka kita harus membeli yang penyimpananya setara. di sarankan dalam pembelian hosting, sekalian beli domain, karna agar sekalian dan tidka perlu mengatur lagi, banyak layanan yang menyediakan secara murah dan sesuai kebutuhan kita contohnya hosting + domain mulai dari 100k kita sudah bisa mempunyai website, murah bukan.

contoh hosting + domain murah dari www.hostingtermurah.net

dalam pembelian hosting, biasanya terdapat spesifikasi yang menjadi perbedaan antar harga, bisa jadi, subdomain, adddomain,kapasitas dll. lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

harga hosting combo dari hostingtermurah.net

jadi semakin mahal, maka fiturnya semakin besar dan lengkap.

3.cms cms disini biasanya kita memakai wordpress, karena memang sangat banyak di gunakan dan mudah dalam pengoprasianya. setelah kita menentukan cms, selanjutnya ialah menentukan tema, tema di tentukan sesuai kebutuhan web kita, apakah marketplace, blog,personal company atau yanglainya.

mungkin itu saja, pengenalanya, untuk lebih ke pembuatanya silahkan baca cara membuat website lanjutan.

baca juga cara menjalankan linux di windows 10 .

1 thought on “cara membuat website dengan mudah dan murah

  1. Pingback: Jenis Domain , Fungsi Dan Perbedaanya yang Wajib Kita tahu | kampoengIT.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *